KEPALA SEKOLAH SMA BUDI MURNI-1 : DRA. R. ISTI BANDARANI

Selamat Datang di Blog khusus ini.
Blog ini kami siapkan untuk tempat berbagi pengalaman dan sharing berbagai hal demi kemajuan dan kejayaan SMA Budi Murni - 1 Medan.
Saran dan Kritik yang membangun
tentu sangat kami harapkan...terlebih saran-saran dan kritik yang membangun.

Senin, 26 Oktober 2009

5) STRATEGI; PERENCANAAN DAN ANALISIS SWOT

B. STRATEGI
• Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), peserta didik, serta guru.
• Menciptakan dan memodifikasi sistem yang dapat menjawab tantangan jaman.
• Membina hubungan yang baik dan meningkatkan peran serta Yayasan Perguruan Katolik Budi Murni, orang tua murid dan masyarakat.
• Meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak yang secita-cita dan berkaitan dengan SMA Budi Murni 1.
• Mengusahakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang dan memperlancar proses belajar-mengajar.
• Membudayakan kehidupan Kristiani untuk pembentukan pribadi siswa/i.
• Mengembangkan potensi dan bakat siswa melalui kegiatan intra dan ekstra kurikulum agar dapat mengembangkan diri dalam mencapai cita-cita peserta didik kelak.
• Melakukan berbagai kegiatan inovatif untuk menunjang kegiatan akademis, merespon perubahan dan dinamika dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan mutu hasil belajar.

C. PERENCANAAN
• Meningkatkan kualitas kerja yang solid daripada staf inti SMA Budi Murni 1
• Menyusun program kerja yang jelas dan rinci dan terarah
• Membudayakan disiplin, tepat waktu dalam pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar (PBM) antara murid, guru, karyawan, dan pembantu pelaksana.
• Mengupayakan mutu/kualitas pelayanan kepada peserta didik
• Menyusun skala prioritas pengadaan sarana dan prasarana sekolah.
D. ANALISIS SWOT
1. Kekuatan / Keunggulan Sekolah (Strength) :
a. Memiliki tenaga Guru dan Karyawan untuk mengembangkan program
b. Memiliki jumlah Guru dan Karyawan yang memadai
c. Melaksanakan Evaluasi setiap kegiatan
d. Memiliki variasi kegiatan yang lebih banyak
e. Tersedianya sejumlah dokumen setiap melaksanakan program kegiatan
f. Adanya dukungan stake holder yang baik
2. Kelemahan / Kekurangan Sekolah (Weakness)
a. Belum semua bidang memiliki peralatan yang memadai.
b. Belum adanya dukungan yang menyeluruh dari Guru dan Karyawan untuk melaksanakan suatu program kegiatan.
c. Belum meratanya kemampuan SDM untuk mengoperasikan software – hardware yang ada.
d. Terbatasnya waktu untuk komunikasi antar unsur sekolah
3. Peluang / Kesempatan Sekolah (Opportunity) :
a. SMA Budi Murni – 1 sudah dikenal luas di masyarakat.
b. Adanya dukungan yang penuh dari Yayasan Budi Murni dalam meningkatkan kualitas pendidikan SMA Budi Murni – 1.
c. Terbukanya sumber-sumber pembelajaran di luar sekolah untuk diakses oleh sekolah.
d. Adanya jalinan dengan lembaga / instansi di luar sekolah.
e. Adanya dukungan dan semangat kerja sama Guru, Karyawan.
4. Ancaman Sekolah (Threat)
a. Perubahan tata kehidupan masyarakat yang sangat cepat.
b. Terbukanya akses informasi yang bersifat negatif.
c. Ketidak-siapan merespon perubahan-perubahan yang terjadi, baik di bidang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun di bidang metodologi pengajaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar